Faktor yang Membuat Orang Menyukai Perak

Mengenal Perak

Perak seringkali dipakai sebagai bahan membuat perhiasan menggantikan emas yang harganya lebih mahal. Meskipun cukup terjangkau, perak merupakan salah satu barang investasi yang bernilai tinggi dan diminati banyak orang.

Sama dengan emas, perak dibuat melalui proses pertambangan. Ada beberapa pertambangan perak terkenal dan terkemuka di Indonesia, yaitu di Papua melalui PT Freeport dan beberapa pertambangan sederhana dan pabrikan yang tersebar di daerah Nusa Tenggara.

Selain itu, ada  kota-kota lain di Indonesia yang juga dikenal sebagai sentra industri perak, seperti Kota Gadang di Sumatera Barat, Kota Gede di Yogyakarta dan Bangil di Jawa Timur, serta Celuk di Pulau Bali.

Banyaknya orang yang menyukai perak pasti membuat kita bertanya-tanya apakah yang membuat semua orang tertarik dengan logam mulia ini. Padahal selain perak, ada beberapa logam mulia lain yang lebih mahal dan indah seperti emas putih, adanium, monel, dan lain sebagainya. 

 

Manfaat Perak

Ternyata perak dapat dimanfaatkan untuk beberapa hal seperti dibawah ini:

#1 Sebagai Bahan Alternatif untuk Membuat Perhiasan

Tidak seperti emas, perak merupakan logam mulia yang tidak mudah mengalami proses korosi. Karena itulah perak merupakan salah satu bahan alternatif pembuat kalung, cincin, dan gelang selain emas.

#2 Sebagai Bahan Pembuat Peralatan Makan

Selain menjadi perhiasan, perak juga sering dijadikan bahan pembuat peralatan makan seperti garpu, sendok, sumpit, dan cawan. Peralatan makan yang terbuat dari perak biasanya cenderung lebih tahan lama dan anti karat daripada bahan stainless biasa. Selain memiliki kualitas yang baik, penggunaan perak dapat membuat peralatan makan terlihat lebih mahal dan mewah.

#3 Sebagai Penghantar Listrik, Pengganti Kawat Tembaga

Perak memiliki konduktivitas listrik yang jauh lebih baik dibandingkan tembaga. Hal inilah yang membuat perak banyak dimanfaatkan sebagai pengganti dari kawat listrik yang berbahan dasar tembaga. Hambatan yang lebih kecil membuat perak dapat membantu mengalirkan arus listrik menjadi lebih lancar dan lebih baik.

#4 Sebagai Mata Busi

Busi merupakan salah satu komponen kecil yang sangat penting pada kendaraan bermotor, seperti sepeda motor, mobil, alat berat dan juga genset. Busi berfungsi untuk mengalirkan listrik atau bunga api, agar dapat terbakar pada ruang pembakaran mesin.

Aliran listrik tersebut nantinya dapat menyalakan mesin dan membuat mesin tersebut berfungsi sebagaimana mestinya. Salah satu bahan pembuat mata busi terbaik adalah perak. Perak pada mata besi berfungsi menimbulkan hambatan kecil agar bunga api yang dihasilkan akan menjadi lebih besar dan berguna untuk proses pembakaran mesin.

#5 Bahan Baku Pembuatan Uang Koin

Salah satu manfaat dari perak yang belakangan sudah semakin jarang ditemukan adalah sebagai bahan pembuatan uang koin. Meskipun saat ini uang koin sudah jarang dibuat dari perak karena faktor biaya produksi. Namun perak pernah menjadi salah satu alat tukar populer selain emas yang dapat digunakan untuk transaksi jual beli.

 

Faktor-Faktor yang Membuat Orang Menyukai Perak

Berikut ini beberapa faktor-faktor yang dapat membuat orang menyukai perak, yaitu:

 

#1 Harga Perak Lebih Murah Daripada Emas

Salah satu alasan yang membuat orang menyukai perak adalah karena logam mulia ini harganya lebih terjangkau daripada emas. Meskipun begitu, perak tetap menjadi incaran banyak orang yang ingin berinvestasi dalam bentuk logam mulia tetapi memiliki dana terbatas.

Karena walaupun harga perak jauh lebih murah daripada emas, logam mulia ini masih memiliki daya jual yang tinggi dan merupakan salah satu bentuk investasi minim risiko yang tepat.

 

#2 Investasi Perak Bernilai Tinggi

Seperti yang sudah disebutkan di atas, meskipun harganya lebih murah tetapi masih banyak orang yang memilih menyimpan logam mulia ini sebagai investasi jangka panjang. Tidak seperti emas, harga perak juga cenderung stabil dan tidak berubah.

Perak juga mudah dijual karena biasanya harga beli dan jual kembali barang-barang yang terbuat dari perak tidak begitu berbeda. Inilah yang membuat beberapa orang lebih tertarik untuk menyimpan perak daripada emas.

 

#3 Anti Korosi

Sama seperti emas, perak pun merupakan logam mulia yang tidak memiliki sifat korosif. Karena cenderung tidak memiliki sifat korosif, benda-benda yang terbuat dari perak jauh lebih awet daripada yang terbuat dari beberapa logam lainnya. Hal inilah yang membuat banyak orang menggunakan bahan baku dari perak untuk membuat perhiasan dan barang-barang berharga lainnya.

#4 Antimikroba dan Dapat Mencegah Infeksi serta Iritasi

Siapa yang sangka bahwa ternyata logam mulia berwarna putih ini memiliki sifat alami sebagai bahan antimikroba dan juga anti iritasi. Inilah mengapa perhiasan yang dibuat dengan menggunakan bahan dasar perak tidak akan membuat kulit menjadi merah dan iritasi karena alergi seperti jika kita menggunakan logam mulia lainnya.

 

#5 Warnanya Lebih Sederhana

Meskipun kadang emas terlihat lebih mewah jika digunakan, tetapi bagi sebagian orang warna emas dianggap terlalu mencolok jika digunakan sebagai perhiasan. Warna putih perak memang terlihat lebih sederhana dan elegan dibandingkan emas. Inilah kenapa beberapa orang lebih menyukai menggunakan perhiasan dari perak daripada emas.

X