Peminat Kerajinan Perak


Kerajinan tembaga dan perak adalah sebuah kerajinan yang cukup terkenal di daerah Gunungkidul, terutama di daerah dusun Blekonang, Tepus, Tepus, GK. Sebagian besar warga di daerah ini bermata pencaharian sebagai pengrajin Tembaga dan Perak. Pekerjaan ini berawal pada saat mereka merantau di daerah Kotagede, dan pada saat itulah mereka mengenal Kerajinan yang berbahan dasar dari tembaga, perak, dan kuningan. Setelah dikira sudah menguasai teknik-teknik dalam membuat kerajinan tembaga dan perak, mereka melanjutkan usahanya di daerahnya. Salah satunya di daerah dusun Blekonang, Tepus, Tepus, GK.

Kerajinan ini sangat diminati oleh banyak orang bahkan turis-turis dari berbagai negara. Penjualan kerajinan ini sudah memasuki pasar ekspor. Kerajinan ini banyak diminati banyak orang karena memiliki seni yang cukup tinggi. Dalam proses pembuatan kerajinan ini cukup memakan waktu cukup lama, dari pembentukan pola sampai akhirnya ditahap terakhir yaitu merendam kerajinan tersebut ke dalam obat pemutih khusus

Kerajinan ini dihargai mulai dari Rp 5.000 - jutaan Rupiah, tergantung ukuran dan kerumitan dalam pembuatan. Adapun macam-macam kerajinan ini yaitu berupa :

  1. Assesoris: Bros, anting, cincin, gelang, kalung, dsb.
  2. Hiasan dinding
  3. Berbagai miniatur

 

X

A PHP Error was encountered

Severity: Core Warning

Message: Module 'sqlite3' already loaded

Filename: Unknown

Line Number: 0

Backtrace: